Tawarkan Banyak Keunggulan, Simak Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 8

Redmi Note 8

Kepopuleran Xiaomi di Indonesia sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Saking populernya, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan Xiaomi dibandingkan dengan merk smartphone yang lain. Spesifikasinya yang canggih serta harganya yang ramah kantong menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh produk Xiaomi. Diantara banyaknya seri smartphone yang telah dirilis, Redmi Note menjadi yang paling menarik perhatian.

Bahkan, Redmi Note 7 yang pernah dirilis pada awal tahun 2019 menjadi salah satu produk yang sangat laris di pasaran. Kepopuleran Redmi Note 7 pada saat itu, menjadi beban tersendiri bagi generasi Redmi Note selanjutnya, yakni Xiaomi Redmi Note 8. Mengingat banyaknya fitur canggih yang ditawarkan oleh Redmi Note 7, banyak orang yang juga menaruh perhatian lebih terhadap Resmi Note 8 yang telah dirilis pada akhir tahun 2019 lalu.

Sebagai generasi penerus dari Redmi Note 7, bisa dipastikan jika spesifikasi yang dimiliki Redmi Note 8 akan lebih unggul. Meski begitu, harga jual dari perangkat ini masih sangat murah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih Rp 2 jutaan. Penasaran bagaimana spesifikasinya? Simak kelebihan dan spesifikasi lengkap dari Xiaomi Redmi Note 8 berikut.

Desain

Xiaomi tidak mau kalah dengan kompetitor lainnya yang mengunggulkan desain smartphone. Perangkat satu ini hadirkan perpaduan gradasi yang membuatnya terlihat begitu modern. Pantulan cahaya yang dimiliki bodi belakangnya membuat perangkat ini tampak begitu cantik.

Sekalipun tak menggunakan casing atau bahkan menggunakan casing transaksi, smartphone Anda akan terlihat keren dan kekinian. Ada lima varian warna yang telah disiapkan oleh Xiaomi, diantaranya yakni Neptune Blue, Cosmic Purple, Nebula Purple, Space Blue, dan Moonlight White.

Bodi

Redmi Note 8

Perangkat dengan dimensi 158.3 x 75.3 x 8.4 mm ini hadir dengan bobot yang mencapai 190 gram. Bobot tersebut terbilang cukup ideal dan masih membuat Anda merasa nyaman selama menggunakan perangkat ini. Dimensinya juga membuat Redmi Note 8 terasa begitu pas dalam genggaman Anda.

Dengan ukuran yang pas tersebut, menggenggam perangkat ini hanya dengan menggunakan satu tangan akan tetap merasa nyaman. Namun, hal ini tentu berlaku untuk orang dewasa. Sensasi yang diberikan juga tidak akan membuat tangan Anda mudah merasa licin, sekalipun menggunakan perangkat dalam kurun waktu yang lama.

Layar

Redmi Note 8 Gaming

Perihal layarnya, Redmi Note 8 hadir dengan layar berpanel IPS LCD dengan ukuran yang mencapai 6.3 inci. Layar berukuran lebar ini bahkan bisa menampilkan gambar dengan resolusi hingga Full HD+. Resolusi 2340 x 1080 pixels yang ditawarkan membuat perangkat ini sangat nyaman digunakan untuk menonton streaming film atau bahkan memainkan sebuah game online.

Menariknya, smartphone ini juga telah mengantongi sertifikat TUV Rheinland, lho. Adanya sertifikat tersebut menunjukkan jika layar Xiaomi Redmi Note 8 bisa memberikan kenyamanan serta keamanan pada mata Anda. Menatap layar smartphone ini dalam waktu yang lama tidak akan memberikan sensasi rasa lelah atau perih pada mata Anda.

Tak hanya sertifikat TUV Rheinland, perangkat ini juga telah dilengkapi dengan sertifikat Widevine L1 di dalamnya. Di mana nantinya layar Redmi Note 8 bisa secara otomatis memutar konten dalam resolusi HD. Hal ini hanya berlaku pada konten ber-DRM atau Digital Rights Management seperti yang dimiliki oleh Netflix.

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan sertifikat IP68 yang mampu membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap debu dan juga percikan air. Anda tak perlu khawatir sekalipun smartphone tak sengaja terkena cipratan air. Bahkan, saat terkena tetesan air hujan pun Anda masih bisa menggunakan Redmi Note 8 dengan lancar.

Di sisi lain, untuk membuat layarnya bisa tetap awet dari benturan dan goresan, Xiaomi juga telah menambahkan Corning Gorilla Glass 5 di dalamnya. Tidak hanya terdapat pada layarnya saja, pelindung Corning Gorilla Glass tersebut juga ada pada bodi belakangnya.

Quad Camera

redmi note 8

Seperti tagline yang beredar di media sosial, Redmi Note 8 hadir dengan 48 MP Quad Camera Superstar. Kamera belakangnya memiliki empat buah lensa berbeda dengan resolusi yang cukup besar.

Kamera utamanya sendiri memiliki resolusi mencapai 48 MP dan mampu memotret atau merekam objek dengan bentangan layar yang lebih lebar. Dengan menggunakan kamera utama ini, Anda juga bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K. Adanya stabilisasi EIS membuat hasil akhir video Anda tampak lebih stabil dan anti blur.

Selain lensa wide, Anda juga bisa menemukan lensa ultra wide dengan resolusi 8 MP. Kamera kedua ini bisa memotret objek hingga 120 derajat. Sudut lebar yang bisa ditangkap oleh lensa ini sangat cocok untuk memotret pemandangan yang indah. Kedua kamera lainnya merupakan lensa makro dan lensa kedalaman.

Penggunaan lensa makro 2 MP sangat cocok bagi Anda yang suka memotret objek dengan jarak yang sangat dekat, minimal 2 cm dari objek. Sedangkan lensa kedalaman 2 MP bisa digunakan jika ingin memotret dengan efek bokeh atau layar belakang blur.

Untuk lebih menunjang Anda yang memiliki hobi fotografi, kamera Redmi Note 8 telah dilengkapi dengan berbagai macam pilihan mode. Diantaranya seperti mode portrait, night mode, panorama, hingga pro. Adanya night mode tersebut memungkinkan Anda untuk bisa mengambil foto ciamik sekalipun berada pada pencahayaan yang minim. Mode ini sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan night photography.

Keempat kamera yang ada pada Redmi Note 8 bisa menampilkan gambar yang tajam, baik di dalam maupun luar ruangan. Hasil akhir warnanya pun tampak begitu natural dan tidak memiliki saturasi yang berlebihan. Bisa dibilang, mendapatkan hasil foto yang ciamik layaknya fotografer profesional bisa Anda dapatkan menggunakan perangkat satu ini.

Kamera Selfie

hasil tangkapan kamera Redmi Note 8

Beralih pada kamera selfie, perangkat ini dilengkapi dengan satu buah kamera depan. Menariknya, kamera depan ini memiliki resolusi yang sangat besar, yakni mencapai 13 MP. Dengan resolusi yang besar ini, Anda tentu bisa mendapatkan hasil akhir foto selfie yang tampak lebih detail dan tajam. Terlebih, kamera depannya juga telah dilengkapi dengan fitur AI Beauty yang akan membuat foto selfie Anda terlihat lebih cantik.

Prosesor

snapdragon 665 redmi note 8

Smartphone ini telah mendapat dukungan dari chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang mampu bekerja dengan sangat baik. Bahkan, chipset tersebut membuat penggunaan daya baterai Redmi Note 8 bisa bekerja lebih efisien. Performanya yang handal ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan sebuah multitasking.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 9.0 ini juga telah dilengkapi dengan MIUI 10 yang bisa Anda perbarui hingga MIUI 12, lho. Hal inilah yang membuat perangkat ini masih layak jadi pilihan pada tahun 2021 nanti.

Perihal kartu grafisnya, Redmi Note 8 mendapat dukungan dari Adreno 610. Kartu grafis ini akan sangat memanjakan Anda yang memiliki hobi fotografi. Bagaimana tidak, nantinya pengalaman bermain game Anda akan terasa begitu menyenangkan. Sekalipun memainkan game seperti Call of Duty Mobile Anda bisa mendapatkan grafik high dengan frame rate yang juga high. Hal ini tentu juga akan berlaku pada game sejenis di kelas yang sama.

Kapasitas Memori

Untuk semakin menunjang performa yang ditawarkan, perangkat ini hadir dengan kapasitas RAM yang besar. Bahkan, tersedia tiga varian kapasitas RAM yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari RAM 3 GB, 4 GB, dan 6 GB. Untuk memudahkan Anda dalam memilih varian kapasitas RAM yang tepat, sesuaikan dengan aplikasi yang akan sering Anda buka nantinya.

Bagi Anda yang merupakan seorang gamers, Redmi Note 8 dengan kapasitas RAM 4 GB atau 6 GB bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kapasitas RAM yang besar ini akan membuat Anda bisa lebih nyaman dan leluasa dalam memainkan game.  Sekalipun memainkan game yang berat sekelas PUBG Mobile, hal ini tidak akan membuat performa smartphone Anda menjadi lemot atau mudah lag.

Sama halnya dengan kapasitas RAM, kapasitas ROM yang dimiliki perangkat ini juga hadir dengan tiga varian yang berbeda, yakni 32 GB, 64 GB, dan terakhir 128 GB. Jika kapasitas memori internal tersebut terasa kurang, Anda masih bisa menambahkan sebuah memori eksternal di dalamnya. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir sekalipun memori smartphone dalam kondisi yang penuh. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda, berapa kapasitas memori yang dibutuhkan.

Perlu diingat, semakin besar kapasitas RAM dan ROM yang Anda pilih, harga dari Redmi Note 8 juga akan semakin mahal saja. Sehingga, selain memperhatikan kebutuhan, pastikan Anda juga menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki saat akan membeli Resmi Note 8, ya.

Kapasitas Baterai

baterai Redmi Note 8

Segala kecanggihan yang ditawarkan perangkat ini rasanya akan sia-sia jika Redmi Note 8 tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar. Kabar baiknya, perangkat ini telah dilengkapi dengan kapasitas sebesar 4000 mAh. Kapasitas ini tentu terbilang sangat besar untuk sebuah smartphone dengan harga murah. Bahkan, pihak Xiaomi mengklaim jika perangkat ini bisa bertahan lebih dari sehari dalam penggunaan yang normal dan tidak terlalu berat.

Untuk lebih memanjakan penggunanya, perangkat ini juga telah dilengkapi dengan teknologi fast charging 18W di dalamnya. Teknologi ini tentu akan membuat proses pengisian daya menjadi semakin cepat.

Sayangnya, charger bawaan Xiaomi belum juga mendukung teknologi fast charging tersebut. Dengan kata lain, jika Anda ingin memanfaatkan teknologi fast charging 18W, Anda perlu membeli charger baru secara terpisah. Dengan menggunakan charger bawaan, proses pengisian daya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk baterai benar-benar terisi penuh.

Nah, itu tadi spesifikasi lengkap serta kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 8. Berdasarkan spesifikasi tersebut, bisa dipastikan jika perangkat ini sangat cocok untuk menemani aktivitas harian Anda. Mengingat harganya yang sangat ramah kantong, akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan begitu saja.

Kepopuleran smartphone ini membuat Anda pun bisa dengan mudah menemukannya di berbagai e-commerce. Tak hanya prosesnya yang mudah, Anda juga bisa mendapatkan Resmi Note 8 dengan harga yang lebih murah, lho.