PT. Cipta Bajasakti Cemerlang di Duga Abaikan Dampak Lingkungan Warga Songgom Jaya

PT. Cipta Bajasakti Cemerlang di Duga Abaikan Dampak Lingkungan Warga Songgom Jaya

SERANG (Banten) Tristach info | Luapan air bercampur lumpur yang menggenangi pekarangan rumah warga yang terdampak bajir. Dampak positif semenjak adanya bangunan pabrik milik perusahaan PT. Cipta Bajasakti Cemerlang.

Diduga PT. Cipta Bajasakti Cemerlang yang berlokasi di Jln. Cikande – Songgom Jaya, Desa Songgom Jaya Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang – Banten 42186.

Perusahaan yang baru selesai proyek pembangunannya tapi tidak memperhatikan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) sehingga warga sekitar dirugikan.

Dari pantauan awak media salah satu contoh rumah yang terdampak banjir milik H. Roji selaku warga Kampung Cilotik Rt. 05 Rw. 01, Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande Kabupaten Serang – Banten, Jumat 16 Oktober 2020.

Setiap hujan turun karena luapan air di karenakan saluran air tidak sesuai dan minimnya pembagunan drainase. Warga yang tidak jauh dari bangunan pabrik tersebut akhirnya terdampak.

Muhtadi selaku Kepala Desa Songgom Jaya menjelaskan kepada awak media. Banjir yang selalu menggenangi rumah warga ketika air hujan turun.

Kemungkinan bangunan draenase yang di bangun oleh perusahaan waktu itu pembuatan pemasangan saluran air tidak sesuai teknis. Pada akhirnya pembuangan air melup ke jalan raya hingga ke rumah warga.

Yang tergenang air bukan rumah warga saja, di tempat komplek Ponpes (Pondok Pesantren) Al-Ma’arif juga terdampak untungnya tidak masuk kedalam ruangan hanya di depan pekarangan saja. Lanjut Kades Songgom.

Semenjak adanya bangunan pabrik bila hujan turun dampaknya rumah warga kebanjiran. Warga berharap terhadap pihak perusahaan PT. Cipta Bajasakti Cemerlang. Terkait tempat pembuangan saluran air supaya secepatnya di perbaiki. “Sebelum ada perusahaan tidak terjadi seperti ini, sekarang adanya perusahaan bukan ada manfaat tapi malah bikin sekarat”. Tukasnya. (Muzi/tim)