Pendapatan Liverpool di Liga Champions Menurun 27 Juta Poundsterling

Pendapatan Liverpool di Liga Champions Menurun 27 Juta Poundsterling

Berita Liga Inggris: Jumlah pendapatan Liverpool pada musim ini di Liga Champions Eropa menurun hingga 27 juta Poundsterling dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tentu ini tidak terlepas dari raihan The Reds di liga para juara eropa tersebut yang hanya mencapai babak 16 besar.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan apa yang didapatkan tim yang bermarkas di Anfield tersebut musim lalu saat menjadi juara setelah mengalahkan Tottenham di partai puncak.

Dilansir dari Liverpool Echo, pakar bisnis sepak bola dari Swiss, Ramble telah membuat rincian tentang berapa banyak penghasilan dari klub-klub yang bermain di Liga Champions musim ini.

Disebutkannya, Liverpool pada musim ini hanya menghasilkan 71 juta poundsterling dari perjalanan mereka ke babak 16 besar. Sedangkan memenangkan kompetisi musim lalu, Liverpool meraup hadiah uang sebesar 98 juta poundsterling. Itu berarti penurunan pendapatan 27 juta poundsterling dari Liga Champions musim ini.

Meski tersingkir di babak yang sama dengan The Reds, Chelsea mendapatkan lebih banyak 1 juta poundsterling dari kompetisi tersebut. Hal itu karena The Blues memiliki koefisien UEFA yang lebih tinggi, yang didasarkan pada performa di Eropa selama 10 tahun terakhir. Koefisien UEFA Chelsea bernilai sekitar 6 juta poundsterling lebih besar dari Liverpool saat ini.

Selanjutnya, sama dengan setiap klub lainnya, The Reds mendapatkan 15,3 juta euro karena berpartisipasi dalam kompetisi. The Reds juga mendapatkan hadiah uang 22,3 juta euro untuk hasil mereka di kompetisi musim ini. 

Hadiah uang dibagi menjadi 12,8 juta euro dari penyisihan grup dan 9,5 juta euro untuk berpartisipasi di babak 16 besar. Setelah itu, karena finis diperingkat kedua di Liga Premier 2018/19, The Reds diberi TV Pool 18,4 juta euro.

Itu berasal dari kumpulan pasar sekitar 292 juta euro dan The Reds diberi 30 persen bagian dari TV Pool Liga Premier diikuti oleh pembagian 24 persen lainnya karena kinerja mereka di Liga Champions musim ini.

Artikel Tag: Liverpool FC, Liverpool, champions league