Honda Disebut Arogan Karena Terlalu Fokus pada Tim Pabrikan

Honda Disebut Arogan Karena Terlalu Fokus pada Tim Pabrikan

Berita MotoGP: Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, mengkritik sikap Tim Honda yang arogan lantaran dinilai hanya fokus dengan tim pabrikan mereka saja.

Sebagaimana diketahui, Repsol Honda merupakan tim elit yang mendominasi MotoGP. Pun demikian, musim ini skuat tersebut justru tampil layaknya seperti tim medioker.

Absennya sang pebalap andalan, Marc Marquez, akibat cedera berdampak sangat terasa bagi Repsol Honda. Sementara dua pebalapnya, Alex Marquez dan Stefan Bradl, selaku pengganti Marquez, masih belum bisa berbicara banyak. Alex Marquez finis di urutan ke-15, sementara Bradl di posisi ke-18.

Situasi Honda ini pun mendapat perhatian dari pengamat MotoGP, Carlo Pernat. Pernat bahkan melontarkan pernyataan bahwa kegagalan Honda itu dikarenakan arogansi mereka untuk hanya fokus dengan tim Repsol Honda saja.

Pernat menyarankan Honda untuk mulai berinvestasi di tim satelit mereka, LCR Honda, utamanya dengan Takaaki Nakagami yang mampu tampil impresif sejauh ini.

Apalagi, jika melihat tim satelit Yamaha yang justru mampu meraih dua kemenangan melalui Fabio Quartararo dan satu podium kedua melalui Franco Morbidelli.

Nakagami sendiri telah menunjukkan potensi untuk tampil konsisten. Namun, ia masih belum dipercaya untuk membawa motor Honda yang paling baru. Ironisnya, pengembangan yang gagal terhadap motor anyar RC213V justru membuat Nakagami tampil lebih kompetitif dibandingkan rider Honda lainnya.

Nakagami sejatinya memiliki peluang untuk meraih hasil positif di Brno. Ia sempat memuncaki sesi latihan bebas namun mendapat hasil buruk di kualifikasi karena catatan waktu lap terbaiknya dihapus. Nakagami harus puas finis di posisi kedelapan setelah start dari posisi ke-17.

“Motor [Nakagami] bukan motor pemenang. Marc Marquez menang dengannya, tetapi memberi tahu sesuatu yang tidak kita ketahui,” tutur Pernat sebagaimana dilansir dari GPOne.

“Honda salah jika mereka tidak fokus pada pembalap muda di tim satelitnya, seperti yang dilakukan Ducati, Yamaha, dan KTM. Honda telah membayar untuk kesombongan mereka,” pungkasnya.

Repsol Honda bakal kembali menurunkan duet Alex Marquez dan Stefan Bradl pada seri balap MotoGP Austria 2020 yang digelar di Red Bull Ring pada Minggu (16/8).

Artikel Tag: repsol honda, motogp 2020, Marc Marquez