Ferarri dan McLaren Akan Banding ke FIA atas Putusan Terhadap Racing Point

Ferarri dan McLaren Akan Banding ke FIA atas Putusan Terhadap Racing Point

Berita Formula 1: Ferrari dan McLaren telah mengumumkan niatnya untuk mengajukan banding atas keputusan Federasi Otomotif Internasional (FIA) terhadap Racing Point atas desain saluran remnya yang meniru Mercedes.

Kemaren, FIA telah memutuskan bahwa tim racing poin telah melanggar aturan disain dari Formula 1 yang membuatnya dihukum pengurangan 15 poin konstruktor dan denda sebanyak 400 ribu euro.

Keputusan itu merupakan buntut dari protes resmi yang dilayangkan oleh Renault. Bahkan tim Renault telah melayangkan protes sebanyak tiga kali. Renault melancarkan protes karena menganggap saluran rem Racing Point mirip dengan yang ada di mobil Mercedes.

Dilansir dari Crash, Ferarri dan McLaren tidak dapat menerima keputusan dari FIA yang tetap mengizinkan Racing Point untuk terus menggunakan saluran rem yang dipermasalahkan tersebut di sisa musim ini. Bahkan kedua tim percaya bahwa Racing Point seharusnya mendapatkan hukuman yang lebih besar karena terbukti melanggar peraturan olahraga.

Setelah latihan pada, Jumat untuk Grand Prix HUT ke-70 F1 di Silverstone, Ferrari menjadi tim pertama yang mencatat niatnya untuk mengajukan banding.

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa kami baru saja menyatakan niat kami untuk mengajukan banding terhadap keputusan Stewards FIA pagi ini (kemaren) tentang Racing Point,” kata juru bicara Ferrari pada Jumat malam.

Scuderia sekarang memiliki 96 jam untuk meresmikan bandingnya dan mengumpulkan bukti yang relevan sebelum membawa kasus tersebut ke Pengadilan Banding Internasional FIA.

McLaren juga akan bergabung dengan Ferrari dalam memberi tahu FIA tentang niatnya untuk mengajukan banding atas putusan Racing Point. Bahkan, akan ada Lebih banyak tim dapat mengikuti banding tersebut, salah satunya Renault yang sedang mempertimbangkan banding.

Tidak hanya tim lain, Racing Point juga diperbolehkan untuk mengajukan banding atas keputusan awal FIA yang telah “merugikan” mereka.

Artikel Tag: Formula 1, f1 2020, Ferarri, McLaren, Racing Point, Racing Point Mercedes