Dalam Rangka Sambut HUT RI ke-75, Pemkab Asahan Gelar Ramah Tamah Dengan Para Pejuang

Dalam Rangka Sambut HUT RI ke-75, Pemkab Asahan Gelar Ramah Tamah Dengan Para Pejuang

ASAHAN (Sumut) Tristach.info | Dalam rangka menyambut HUT RI ke 75, Pemkab Asahan menggelar silaturahmi dengan generasi muda dan para pejuang di Kabupaten Asahan, Kamis (13/8/2020) di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Perwakilan Pengadilan Negeri Kisaran, Perwakilan Danyon 126/KC, para pejuang Perintis Kemerdekaan dan keluarga Pejuang Perintis Kemerdekaan Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan Syamsudin, SH, MM dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ramah tamah ini adalah untuk merenungkan kembali dan menteladani sejarah perjuangan para pejuang yang telah berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dan memberikan pemahaman serta menanamkan semangat nilai-nilai kejuangan kepada generasi penerus bangsa.

Syamsudin juga menyampaikan bahwa para pejuang yang diundang pada kegiatan ramah tamah ini sebanyak 150 orang terdiri dari DPC-Legiun Veteran RI Kabupaten Asahan 93 orang, DHC-45 Kabupaten Asahan sebanyak 41 orang dan Pepabri/Warakawuri Kabupaten Asahan sebanyak 16 orang.

Dikesempatan ini Ketua DPC-Legiun Veteran RI Kabupaten Asahan, Bungaran Tua Pasaribu yang mewakili para pejuang Perintis Kemerdekaan mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mengadakan kegiatan ramah tamah.

“Jangan jadikan acara ini sebagai kegiatan seremonial saja tetapi jadikan kegiatan ini sebagai hubungan untuk mempererat hubungan antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan para pejuang yang ada di Kabupaten Asahan,” tuturnya.

Selanjutnya, Bungaran mengatakanbahwa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini, ia dan pejuang lainnya tidak pernah memandang perbedaan baik itu suku, agama dan bahasa tetapi dengan adanya perbedaan yang dimiliki ini menjadikan mereka semakin kuat untuk memerdekakan bangsa ini. “Bagi kami tidak ada pengabdian yang mendua, NKRI harga mati,” tutupnya.

sebelum memberikan bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan bersama dengan Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Perwakilan Pengadilan Negeri Kisaran, Perwakilan Danyon 126/KC memberikan cinderamata kepada para pejuang Perintis Kemerdekaan secara simbolis.

Bupati Asahan H. Surya, BSC pada bimbingan dan arahannya mengatakan acara ramah tamah yang diselenggarakan pada hari ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan/pejuang kemerdekaan serta menanamkan kembali arti pentingnya nilai-nilai kepahlawanan khususnya kepada para generasi muda penerus bangsa.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat meneladani nilai-nilai dan semangat perjuangan para veteran untuk meneruskan perjuangan membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, H. Surya mengajak untuk menatap kedepan lebih bersatu melangkah bersama meskipun dalam suasana kondisi pandemic covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya, walaupun demikian cita-cita bangsa dan para pejuang tidak boleh berhenti sampai disini, harus terus melangkah bersama menuju Indonesia maju.

“Dengan segala kerendahan hati saya sampaikan kepada bapak ibu para pejuang, bahwa Insya Allah generasi kami yang sedang mengemban amanah untuk melanjutkan kemerdekaan tentu akan melanjutkan semua apa yang telah ditetapkan landasan-landasannya oleh para Pendiri Republik dan pemimpin-pemimpin terdahulu. Tentu saja setiap zaman mengalami tantangannya sendiri, permasalahan datang dan pergi selalu ada dinamika dan perubahan.

Mudah-mudahan kami bisa mengemban tugas yang tidak ringan ini untuk melanjutkan, meneruskan cita-cita perjuangan yang telah dirintis oleh bapak ibu. Mudah-mudahan kami dapat mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dan berhasil mewujudkan cita-cita dan tujuan kemerdekaan,” ucapnya.

Terakhir, Bupati Asahan mengaku menyadari bahwa acara yang dilaksanakan ini tidak cukup untuk membalas segala jasa dan pengorbanan yang telah diberikan oleh para pejuang. Namun baginya acara ini merupakan bagian dari bentuk penghargaannya terhadap jasa dan pengorbanan yang telah dipersembahkan para pejuang.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak Bapak Ibu untuk terus berkarya, terus mengabdi bersama kami yang lebih mudah karena kami juga ingin berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara ini,” tutupnya. (Hendra)