8 Tip Membuat Foto Instagramable Agar Feedmu Naik Level

Tristach.info – Bermain Instagram memang nggak ada matinya. Makin penasaran aja, gimana caranya membuat foto instagramable yang bisa dilike sama banyak orang.

Kamu juga gitu?

Iya, media sosial yang menjadi wadah menyimpan dan mempublikasikan foto ini seolah sudah menjadi bagian dari hidup kita ya? Sebab, apa pun yang kita lakukan rasanya jadi ingin diabadikan dan dibagikan melalui Instagram.

Tapi, apakah mungkin kita membagikan sebuah foto yang nggak bagus dengan resolusi rendah? Ya, kalau saya sih enggak. Penginnya ya, kita harus membuat foto instagramable dong, yang bisa dilike sama banyak orang.

Mau tahu juga caranya?

Tapi, sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa membuat foto instagramable nggak harus menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Dengan smartphone sekarang yang sudah canggih, kamu juga bisa kok mendapatkan hasil yang maksimal.

Ini dia tip membuat foto instagramable yang super kece agar feed instagrammu naik level.

8 Tip Membuat Foto Instagramable

1. Cari spot foto yang menarik

Sebelum jepret sana sini, cari dulu spot yang menarik dilihat mata telanjang. Amati sekitarmu, barangkali ada objek yang menarik untuk diabadikan.

Jangan terpaku pada objek benda mati saja, tapi luaskan pandanganmu hingga ke aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang yang kamu temui. Bayangkan bahwa matamu adalah lensa kamera yang siap membidik.

Bila perlu, rencanakan spot foto dari jauh-jauh hari dan lakukan mini riset untuk mengetahui seluk-beluk tempat serta konsep yang cocok dengan spot yang ada. Jangan sampai, kamu sudah jauh-jauh mencari tempat tetapi hasilnya nihil.

2. Gunakan cahaya natural

Kamera smartphone memang tidak sebaik kamera profesional. Biasanya permasalahan utama pada foto yang diambil dengan smartphone adalah brightness.

Untuk menghindari foto yang gelap, sebaiknya lakukan pemotretan di pagi hingga siang hari. Gunakan cahaya matahari sebagai penerangan yang natural agar tidak terlihat aneh ketika foto diambil.

Bila kamu ingin mendapatkan foto siluet, sebaiknya lakukan pemotretan di sore hari saat cahaya matahari berubah menjadi kuning dan tak secerah siang hari. Tempatkan smartphone berkamera kamu melawan cahaya.

Perlu diingat, foto yang diambil dengan pencahayaan flash kurang maksimal dan agak susah mengatur jarak dengan objeknya. So, saran sih, sebaiknya hindari penggunaan flash agar fotomu makin kece, ya!

3. Pegang kamera dengan stabil

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu juga harus ekstra sabar dan tenang. Terburu-buru hanya akan mengakibatkan fotomu menjadi miring, blur, atau goyang.

So, relaaax! Inhale … exhale …. Tenangkan dulu pikiran. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk membidik objek, atur komposisinya supaya tidak terlihat miring, dan pegang kamera dengan stabil.

Dan, jadilah foto yang outstanding!

4. Fokuskan kamera

Tip membuat foto instagramable yang satu ini nggak boleh dilupakan, lo.

Fitur exposure yang ada di smartphone bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto yang lebih jelas. Tinggal tap bagian dalam foto yang ingin kamu fokuskan lalu atur agar cahayanya lebih baik.

Selain itu, jangan malas bergerak untuk mendapatkan foto yang bagus. Mendekatlah ke objek foto lebih baik dibandingkan zoom-in saja. Selain lebih fokus dan jelas, resolusi fotomu jadi lebih baik dengan meminimalkan zoom-in.

5. Ambil sudut pandang yang berbeda

Sekali lagi, jangan malas untuk mendapatkan foto yang bagus. Jangan mager. Kamu harus mengambil langkah yang tidak biasa dengan mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda.

Cobalah eksplor sudut pandang yang tidak biasa seperti memotret dari sudut yang lebih rendah atau tinggi untuk memberikan kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata normal.

6. Gunakan resolusi tinggi

Kalau smartphonemu memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi.

Hal ini akan membantumu menangkap detail yang lebih banyak dan bila dicetak, hasilnya tidak akan pecah.

Meski begitu, kamu juga harus menghadapi konsekuensi di mana ukuran file menjadi lebih besar, sehingga membutuhkan kapasitas memori yang lebih serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk transfer ke perangkat lain.

7. Edit foto

Mengedit foto dengan aplikasi edit, meski hanya sedikit dapat membantu memaksimalkan hasil jepretan. Asal, jangan berlebihan dengan efek filternya.

Pilih aplikasi edit foto yang berkualitas bagus dan bisa memperkuat kesan foto. Sesuaikan saja kontras, vignette, crop, dan kecerahan agar fotomu terlihat lebih tajam.

Dijamin deh, fotomu akan terlihat seperti hasil jepretan kamera profesional. Kalau fotomu mau dijadikan sebagai Instagram Stories, ada juga beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai.

8. Latihan!

Tip terakhir yang tidak boleh dilupakan, latihan yang rajin! Potretlah sebanyak dan sesering mungkin untuk melatih kemampuan fotografimu.

Sesekali ambil juga foto candid untuk hasil yang lebih bagus dan natural. Latihan juga bisa membantumu menemukan fokus aliran fotografimu, lo.

Nah, itu dia 8 tip membuat foto instagramable yang harus dilakukan agar fotomu makin kece dan instagrammu naik level.

buku how to win instagram untuk tips dan trik instagram yang mudah dilakukan

Kalau kamu ingin tip membuat foto instagramable dari selebgram, ada lo di buku How to Win Instagram. Tip-tip di atas juga disarikan dari buku ini lo. Dalam buku How to Win Instagram ini, kamu bisa menyontek teknik yang dilakukan oleh para selebgram yang terkenal akan foto-foto kecenya.

Semangat belajar, ya!