10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 5 Pro

10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 5 Pro
 Infinix ternyata memiliki "saudara" di dunia perponselan, yakni itel dan Tecno. Ketiga perusahaan tersebtu berada di bawah naungan Transsion Holdings dan ketiganya kini berebut pasar di Indonesia. 

Infinix sendiri masuk resmi ke Indonesia tahun 2015. Tecno dan itel baru tahun 2020 hadir di Indonesia. Tecno melakukan debutnya dengan Tecno Spark 6 Go dan Tecno Spark 5 Pro dan itel dengan itel Vision 1 dan itel Vision 1 Plus.

Tecno Spark 6 Go dan Tecno Spark 5 Pro sendiri menawarkan berbagai fitur menarik. Terlebih keduanya berada di kelas harga Rp1 jutaan.

Tecno Spark 6 Go sudah dibahas soal kelebihan dan kekurangannya.

Yang bakal dibahas kali ini adalah soal kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 5 Pro.

Seperti apa ponsel yang dibanderol di toko online dengan harga Rp1,5 jutaan ini? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi Tecno Spark 5 Pro

  • Rilis: 2020
  • Layar: IPS LCD 6,6 inci
  • Chipset: MediaTek Helio A25 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 2 MP + 2 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Tecno Spark 5 Pro

Apa yang menarik dari Tecno Spark 5 Pro? Untuk mengetahuinya, mari simak poin-poin kelebihan dari ponsel ini.

1. Desain Kekinian

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro sudah menawarkan desain cantik dengan pilihan warna menarik. Pilihan warna yang tersedia adalah Ice Jadeite, Spark Orange, Seabed Blue and Cloud White. Varian warna mungkin saja tidak semua masuk Indonesia.

Secara umum, Tecno Spark 5 Pro memiliki desain yang trendi. Desain kekinian dan tampak mewah. Hal tersebut tampak dari bagian depan yang menunjukan kamera punch hole di layar.

Di kelas harga Rp1 jutaan, jarang atau bahkan tidak ada ponsel dengan punch hole camera. Setidaknya sampai artikel ini dibuat.

Namun, bezel di bagian bawah layar cukup lebar tetapi hal ini bukan masalah besar.

Yang pasti desain posnel ini terlihat kekinian. Meskipun rangka dan panel belakang Spark 5 Pro terbuat dari plastik glossy, hal tersebut tidak membuat tampilan desain ponsel ini murahan.

Selain itu, Tecno Spark 5 Pro memiliki kualitas pembuatan yang sangat baik.

Desain bagian belakang dengan sensor sidik jari pun tampak terlihat menyatu dengan gradasi warna yang memang cukup umum ditemukan di ponsel zaman sekarang.

2. Memori Besar di Kelas Harganya

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro hadir dengan RAM 4 GB dan storage 128 GB. Dengan memori yang besar ini, membuat Tecno Spark 5 Pro bisa dibilang sebagai ponsel murah yang menawarkan penyimpanan 128 GB.

Ponsel merek lain dengan kelas harga yang sama jarang ada yang menawarkan storage 128 GB. Apresiasi tentunya perlu diberikan pada Tecno.

Tecno Spark 5 Pro juga punya varian storage 64 GB yang banderol harganya lebih murah jika dibandingkan varian 128 GB. Varian ini juga sama-sama menawarkan RAM 4 GB.

3. Layar IPS HD yang Bagus

Tecno Spark 5 Pro

Di bagian layar, Tecno Spark 5 Pro hadir dengan dimensi 6,6 inci. Layar yang digunakan adalah panel IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel dan kerapatan layar 266 ppi.

Layarnya ini diklaim memiliki tingkat kecerahan sampai 480 nites. Sementara rasio layar yang ditawarkana dalah 90,2% yang  membuat ponsel ini sempurna dalam menyuguhkan pengalaman layar penuh yang lebih menawan dan memuaskan.

Menurut situs Root-nation.com, layar ponsel ini memberikan layar dengan tampilan warna yang alami dan tidak berlebihan. Kontras layar ponsel ini juga tegolong oke. Hanya saja saat terkena terik matahari, tingkat keterbacaan ponsel jadi rendah.

Sementara kanal Youtube Arrinish, layar ponsel ini terbilangnya cukup bagus ketika berada di kondisi dalam ruangan.

4. Baterai Tahan Lama

Tecno Spark 5 Pro

Ponsel ini hadir dengan baterai 5.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini dan sokongan layar HD, membuat daya tahan baterai ponsel bisa tahan lebih lama.

Hasil pengujian dari pihak Wiko sendiri menunjukan jika daya tahan baterai ponsel ini bisa mencapai 36 jam dalam waktu standby. Sementara untuk panggilan telepon bisa mencapai 479 jam atau mencapai hampir 20 hari.

Ketika digunakan internetan, Tecno Spark 5 Pro dapat bertahan sampai 17 jam memakai Wi-Fi. Hasil berbeda ditunjukan ketika memakai koneksi data, yakni 14 jam. Namun, kedua hasil tergolong bagus.

Digunakan menelepon, ponsel ini bisa bertahan sampai 31 jam lebih. Saat menonton video, waktu tontonnya mencapai 16 jam.

Yang cukup menarik, ketika mendengarkan musik memakai earphone, ponsel bisa bertahan sampai 115 jam.

Daya tahan baterainya memang lebih panjang Tecno Spark 6 Go. Namun, hasil di atas masih tergolong oke.

5. Dukungan UI yang Menarik

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro menawarkan antarmuka HiOS versi 6.yang berbasis Android 10. Tampilan antarmuka ini mirip dengan UI Infinix. Namun, tentu saja terdapat beberapa perbedaan.

HiOS menawarkan fitur seperti dua metode navigasi untuk dipilih, penyimpanan tema, panel pintar samping dengan akses cepat ke aplikasi dan lainnya.

HiOS juga menawarkan fitur Social Turbo dengan kemampuan untuk merekam panggilan dalam aplikasi yang bakal disukai pengguna WhatsApp.

6. Kamera Belakang Oke

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro datang dengan empat kamera di bagian belakang. Kamera utamanya adalah kamera 16 MP yang diklaim mampu hadirkan foto yang jernih dan natural pada siang dan malam hari.

Kamera ini juga memiliki fitur digital zoom hingga 8 kali. Satu fitur yang jarang ditemukan di ponsel kelas harga Rp1 jutaan.

Dua kamera lainnya adalah kamera bokeh dan kamera makro yang sama-sama menawarkan kamera 2 MP.

Yang menarik, kamera belakang ponsel ini dibekali empat flash di bagian belakang sebagai solusi mengatasi masalah foto yang buram di tempat gelap.

Satu kamera lainnya adalah kamera QVGA yang agak bingung secara fungsi dan kehadirannya. Lupakan saja kamera keempat ini.

Menurut Root-nation.com, hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong bagus jika dalam kondisi pencahayaan yang sangat baik. Hanya saja white balance tiap foto sering berbeda-beda. Jika kurang cahaya, foto akan terasa kurang bagus.

Sementara hasil tangkapan kamera makro ponsel ini tergolong bagus jika dalam kondisi ideal.

Kamera utama mengambil gambar normal Kecuali bahwa white balance mungkin berbeda dari foto ke foto. Namun seperti biasa, masalah utama menjadi lebih jelas seiring dengan memburuknya kondisi pemotretan. Dengan kurangnya cahaya, noise muncul dan detail berkurang. Barang biasa untuk perangkat murah.

7. Cocok untuk Selfie di Kelas Harganya

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro datang dengan kamera depan 8 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.0. Berdasarkan pengalaman Root-nations.com, hasil tangkapan kamera depan ponsel ini dapat menghasilkan foto yang baik yang dapat diterima di kelas harganya.

Selain itu, kamera depan ponsel ini dapat membuat latar belakang foto jadi kabur. Ada juga fitur penghias dan efek. Tidak kalah menarik, kamera depan juga punya fitur agar foto bisa lebih lebar.

8. Tanpa Face Unlock

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro hanya punya dua sensor biometrik, sensor sidik jari saja dan sensor pengenalan wajah. Sensor sidik jari ini ada di bagian belakang bodi dan punya performa yang tergolong cepat.

Sensor pengenalan wajah yang tersedia di ponsel ini tergolong bisa diandalkan. Hanya saja responnya lebih lambat jika dibandingkan sensor sidik jari.

Kekurangan Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro punya beberapa kekurangan. Apa sajakah kekurangan ponsel ini? Langsung saja simak poin-poin kekurangannya di bawah!

1. Performa Tidak untuk Bermain Gim Optimal

Tecno Spark 5 Pro

Tecno Spark 5 Pro datang dengan chipset MediaTek Helio A25. Chipset dengan fabrikasi 12 nm ini jelas bukan chipset yang kencang. Chipset ini hadir dengan prosesor octa core Cortex-A53 yang fokus pada hemat daya. Sementara di bagian GPU, tersemat PowerVR GE8320

Dengan chipset ini, bermain gim berat di Tecno Spark 5 Pro jelas bukan pilihan yang baik. Performa ponsel ini tidak untuk bermain gim berat dan konstan karena akan menghasilkan drop frame dan lag untuk tipe gim yang kompetitif.

Kalau sekadar gim ringan adiktif jelas cukup menarik.

Yang paling menarik, meski tidak kencang, dengan sokongan RAM 4 GB, membuat ponsel ini bisa jadi pilihan bagi yang butuh ponsel murah dengan multitasking yang baik.

2. Masih Tidak Fast Charging

Tecno Spark 5 Pro

Sama seperti ponsel Rp1 jutaan kebanyakan, ponsel ini tidak memiliki dukungan pengisian cepat. Karena itu, pengisian baterai ponsel ini tergolong lambat.

Untuk mengisi daya sampai penuh, dibutuhkan waktu tiga jam lamanya. Dalam satu jam pertama, ponsel terisi dari 13 persen ke 50%.

Simpulan

Sebagai sebuah ponsel di kelas harga Rp1 jutaan, Tecno Spark 5 Pro tergolong bagus dan layak untuk dipilih. Ponsel ini menawarkan banyak kelebihan dibandingkan kekurangan.

Adapun kekurangan yang ada masih bisa cukup dimaklumi.

Tecno Spark 5 Pro ini sangat cocok dipilih sebagai ponsel yang aktif di WhatsApp. Para penyedia jasa, customer service toko online, sangat cocok memakai ponsel ini. Yang pasti, Tecno Spark 5 Pro kurang disarankan untuk bermain gim.

Dengan banderol harga Rp1,5 sampai Rp1,7 jutaan, Tecno Spark 5 Pro bakal bersaing dengan ponsel lain seperti Evercoss Tera S6, Redmi 9, Realme C12, Infinix S5 Lite, dan masih banyak lagi.